Jumat, 07 April 2017

Pose Yoga Untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Apa sih problema tubuh Anda yang tak kunjung hilang? Kalau saya sih, sakit pinggang. Dulu saat kerja kantoran dan duduk di belakang meja hampir selama 12 jam setiap harinya, dan sekarang karena saya masih menyusui putra saya di malam hari, setiap bangun pagi pasti pinggang terasa sakit karena posisi menyusui sembari rebahan. Harga Triflex Capsule

Apa ya obat yang tepat buat sakit pinggang berkepanjangan? Kalau buat saya, biasanya saya selalu masukkan pose-pose berikut dalam latihan yoga saya, dan biasanya selalu manjur. Kalau Anda punya problema yang sama, mungkin bisa mencoba beberapa pose yang akan saya uraikan di bawah ini.

Pose yoga untuk mengatasi sakit pinggang

2. Standing Forward Fold (Uttanasana)
Pose ini cukup mudah untuk dilatih setiap hari, dan sangat baik untuk melegakan rasa sakit di pinggang bawah. Tak hanya itu, Anda juga memanjangkan semua otot di tulang punggung  Anda. Pose ini juga sangat baik dilakukan bila Anda sering duduk untuk jangka waktu lama.

standing forward fold
5. Eagle Post (Garudasana)
Pose ini termasuk pose yang lebih advanced karena membutuhkan keseimbangan dan kekuatan, tapi baik untuk meregangkan dan membuka pinggang dan punggung Anda. Cukup mudah untuk dilatih dan sangat baik untuk menguatkan tulang belakang Anda. Pose ini juga termasuk dalam kategori backbend yang baik untuk membantu meredakan sakit pinggang.

3. Seated Forward Fold (Paschimottanasana)
Selain dilatih dalam posisi berdiri, posisi yang sama bisa dilakukan dengan posisi duduk. Ini baik untuk Anda coba. Bila dalam posisi berdiri kadang Anda merasa pusing, maka lakukan dengan posisi duduk. Bila Anda merasa posisi ini terasa mudah dan tidak memberikan efek untuk melegakan sakit pinggang, maka Anda perlu melakukannya dengan tepat.

Aktifkan telapak kaki/flex feet dan lebih baik mendekatkan posisi dada pada bagian depan kaki Anda. Posisi ini baik untuk membuka pinggang bagian bawah, dan melegakan otot kaku dan rasa sakit.

1. Cat Cow Pose
Pose ini baik untuk tulang belakang dan pinggang karena gerakan melengkungkan punggung ke bawah dan ke atas. Baik dilakukan setiap pagi bila Anda mengalami sakit pinggang saat bangun tidur.

4. Spinx Pose (Salamba Bhujangasana)
Pose ini cukup mudah untuk dilatih dan sangat baik untuk menguatkan tulang belakang Anda. Pose ini juga termasuk dalam kategori backbend yang baik untuk membantu meredakan sakit pinggang.

7. Bridge Pose (Setubanda Sarvangasana)
Pose ini sangat baik untuk menguatkan otot pinggang bawah, paha bawah, dan pantat. Lakukan pose ini dengan tepat untuk membantu mengurangi sakit pinggang Anda.

6. Locust Pose (Salabhasana)
Pose ini sangat baik untuk menguatkan otot punggung, pinggang, dan pantat. Bila punggung dan pinggang kuat, maka kemungkinan mengalami sakit pinggang akan berkurang. Lakukan posisi ini saat ingin meredakan sakit pinggang Anda.

8. Supine Spinal Twist (Supta Jathara Parivartanasana)
Salah satu langkah mudah meredakan nyeri pinggang adalah melakukan pose yoga dengan gerakan memutar tubuh bagian atas/twist. Salah satu favorit saya adalah posisi spinal twist saat berbaring. Baik untuk meregangkan otot pinggang dan tulang belakang. Tak hanya itu, posisi yang nikmat ini juga baik untuk stimulasi organ tubuh seperti ginjal dan organ perut, termasuk usus dan saluran kencing. Tak hanya meredakan nyeri pinggang tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

supine spinal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar